Kata Kunci Pencarian : Pencarian Buku, Jurnal, Artikel, dan Tokoh

 Halo Sobat Cakep Bermatematika... 

Pada kesempatan kali ini akan diulas materi mengenai Kata Kunci Pencarian yaitu Pencarian Buku, Jurnal, Artikel, dan Tokoh. Langsung saja ya kita check it out !

1. PENGERTIAN KATA KUNCI

Kata kunci atau populernya keyword merupakan satu di antara materi yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia. Selain dipelajari di  sekolah, istilah dari kata kunci kerap digunakan oleh setiap pengguna internet ketika hendak mencari informasi. Di samping itu, kata kunci memudahkan kita dalam mencari inti dari informasi yang kita baca dari sebuah tulisan. Kata kunci dapat diartikan juga sebagai kata atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting yang dapat digunakan untuk mencari suatu hal. Singkatnya, kata kunci merupakan sebuah kata yang  menjadi sebuah kata penting dalam suatu kalimat untuk menjelaskan hal yang dicari oleh seseorang. Memahami kata kunci sangatlah penting bagi kita terutama kita sebagai penulis konten atau writer. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat maka akan memudahkan pembaca dalam memahami sebuah informasi. 

Ciri-ciri Kata Kunci

1.) Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata

Kata kunci harulah singkat, padat, dan jelas. Hal ini memudahkan pembaca dalam mengingatnya. Misalnya : rumah adat, siswa berprestasi, dll.

2.) Kata kunci mengandung kata yang sifatnya unik

Selain mudah diingat, kata kunci haruslah mengandung kata yang spesifik. kata spesifik disini maksudnya tidak bersifat umum. Misalnya : orang Palembang, wisata Kelekar, dll.

3.) Kata kunci bersifat menyeluruh

Arti kata "menyeluruh" disini bahwa kata kunci yang memuat satu atau dua kata dapat digunakan untuk memperjelas keseluruhan dari isinya. Contohnya mengenai kata kunci yaitu tentang wisata Kelekar, artinya kata kunci tersebut menjelaskan apa saja wisata yang ada di Kelekar, seperti nama wisata yang ada di Kelekar.

Cara Menemukan Kata Kunci dalam Paragraf

Berikut akan dipaparkan bagaimana menemukan kata kunci dalam paragraf

1.) Cari kata yang sering diulang-ulang. Misalnya saja kamu membaca berita, iklan, jurnal, lalu kamu menemukan kata yang sering diulang-ulang, bisa jadi itu kata kuncinya.

2.) Kata kunci biasanya ada di dalam ide pokok bacaan. Tujuannya adalah untuk lebih memahami intisari dari topik atau ide pokok bacaan.

3. Carilah sinonim dari kata kunci tersebut. Karena, kata kunci tak hanya diulang dengan kata yang sama, namun juga sering muncul dengan sinonimnya.

Contoh kata Kunci dalam Kalimat

Berikut beberapa contoh kaliamat dalam kata kunci 

1.) Ibu belanja di pasar tadi pagi. Kata kuncinya adalah ibu dan pasar, pagi.

2.) Sopani senang memancing ikan di Sungai Kayuaro. Kata kuncinya adalah Sopani, memancing ikan, Sungai Kayuaro.

3. Mahasiswa Pendidikan Matematika kuliah di Kampus B setiap hari Rabu. Kata kuncinya adalah mahasiswa pendidikan matematika, kuliah, kampus B.

2. PENCARIAN BUKU, JURNAL, ARTIKEL, DAN TOKOH

Pencarian Buku

1.) Mengetikkan judul buku

2.) Mengetikkan judul buku dan ditambahkan E-book atau pdf. Pencarian e-book ini dapat melalui google book, openlibrary.org, ebookbobby.com

Pencarian Jurnal dan Artikel

1.) Mengetikkan judul artikel

2.) Mengetikkan nama pengarang artikel dan tahun terbitnya. Artikel dan jurnal dapat dicari melalui google schoolar, e-resource.perpusmas.go.id, jurnal.lipi.go.id, sciencedirect.com. Untuk mencari jurnal internasional, kita dapat mengakses scopus dll.

Pencarian Tokoh

1.) Mengetikkan nama tokoh (Misal : Ki Hajar Dewantara, Justin Bieber, dll)

2. Mengetikkan penemuan/jasa tokoh tersebut (Misal : Penemu handphone, Penemu teori Mandel)

Itulah penjelasan mengenai Kata Kunci Pencarian yaitu mengenai pencarian buku, jurnal dan artikel, serta tokoh. Semoga bermanfaat:) 

Komentar